Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khasiat daun sisik naga bagi kesehatan dan kecantikan

Khasiat daun sisik naga bagi kesehatan

Mungkin ada di antara para sobat  yang belum mengetahui khasiat daun sisik naga bagi kesehatan. Tanaman ini adalah tanaman yang hidup tumbuh menempel pada batang tumbuhan lain, berjenis tanaman liar. Tanaman ini tumbuh pada daerah yang bersuhu lembab atau daerah yang mendapat pancaran sinar matahari yang kurang. Daun sisik naga juga di kenal dengan sebutan daun picisan, daun duduitan, dan lain sebagai nya, pasti nya setiap daerah punya nama yang berbeda-beda pula.

Tanaman sisik naga umum nya dapat di jumpai pada kawasan asia tropis. Meski menempel menumpang hidup pada tumbuhan lain, tapi tumbuhan ini bisa menghasilkan makanan nya sendiri dengan fotosintesis, sehingga tidak merugikan tanaman yang di tumpangi nya. Jadi bisa di simpulkan jika tumbuhan sisik naga ini tidak bisa di golongkan kepada tanaman parasit.

Tempat-tempat yang biasa nya terdapat tanaman ini seperti di kawasan hutan, khusus nya tanaman ini sering berlindung dan menempel pada pohon-pohon besar berusia tua yang terjaga kelembaban pohon nya. Adakala nya juga tumbuhan sisik naga kita jumpai pada daerah ladang-ladang masyarakat. Terkadang malah hidup menempel pada rumah-rumah kayu yang telah reot. hehehe

Benalu sisik naga memiliki daun yang kecil bulat lonjong  dan saling berdempetan tumbuh antara satu sama lain. Tanaman sisik naga memiliki warna daun yang hijau, tapi kemudian daun nya akan berubah warna menjadi hijau kecoklatan. Struktur daun nya tebal dan berdaging. Sangat beragam khasiat daun sisik naga bagi kesehatan dan kecantikan, ok lanjut kebawah.

Kandungan sisik naga

Manfaat daun sisik naga bagi kesehatan di dapat karena tanaman ini memiliki berbagai zat yang bermanfaat. Daun sisik naga ini mengandung sifat anti radang, menghilangkan nyeri, sebagai agen pembersih darah, dapat menghentikan pendarahan, antitusif, anti ekspektoran.

Manfaat daun sisik naga untuk kesehatan

Mengobati pembesaran kelenjar getah bening

Manfaat tanaman sisik naga yang pertama yaitu bisa mengobati penyakit pembesaran kelenjar getah bening. Senyawa yang terdapat pada daun sisik naga bisa membantu penyembuhan. Dengan cara rebus 30 gram daun bersama air 3 gelas, sisakan air rebusan hingga menjadi 1,5 gelas. minum rutin ramuan 3 kali sehari sebanyak setengan gelas. 

Manfaat daun sisik naga untuk kanker payudara

Kegunaan daun sisik naga bisa di jadikan penangkal dan penyembuh penyakit kanker, yaitu dengan cara meramu nya dengan beberapa tanaman herbal tradisional lain nya. Tapi bisa juga daun ini di gunakan sendiri tanpa campuran, Rebus 20 - 30 gram daun bersama air 3 gelas, sisakan hingga tinggal 1,5 gelas, minum ramuan 3 kali sehari secara rutin sebanyak setengah gelas

Manfaat daun sisik naga untuk paru-paru dan TBC

Khasiat daun sisik naga untuk penderita sakit paru-paru dan TBC juga sangat di anjurkan. Tanaman sisik naga bisa membersihkan paru-paru dengan maksimal. Cara penggunaan nya, ambil daun sebanyak 30 gram, rebus dengan air 3 gelas,  sisakan air rebusan sebanyak 2 gelas, minum ramuan 2 kali sehari sbanyak 1 gelas. Dengan rutin meminum ramuan ini, maka lendir yang terdapat dalam paru-paru akan segera sembuh.

Manfaat daun picisan bisa menyembuhkan radang gusi dan sariawan

Daun sisik naga dan manfaat nya yang ke empat yaitu bisa menyembuhkan radang gusi yang membengkak dan penyakit sariawan. Penyakit ini banyak di sebabkan oleh kekurangan vitamin. Terkadang banyak diantara kita yang tidak terlalu memusingkan penyakit ini. Tapi jika lama-lama di biarkan tentu penyakit sepele ini akan membawa dampak bagi kesehatan tubuh yang lain. 

Mengkonsumsi daun sisik naga bisa menyembuhkan pembengkakan radang gusi dan mengobati sariawan. Cara menggunakan nya, ambil daun sisik naga seperlu nya tumbuk halus. Gunakan air perasaan daun sisik naga sebagai obat kumur-kumur, atau bisa juga dengan menguyah daun sisik naga di mulut hingga benar-benar lumat, biarkan lumatan daun tersebut berada di mulut untuk beberapa lama. setelah itu berkumur dengan air bersih. Lakukan sebanyak 3 kali sehari hingga radang gusi dan sariawan sembuh.

Meredakan mimisan

Mimisan merupakan kondisi hidung yang mengeluarkan darah secara tiba-tiba, entah itu karena kelelahan atau karena faktor lain nya. Biasa nya penyakit mimisan sering di derita oleh anak-anak yang aktif bermain di bawah terik matahari. Para orang tua biasanya mencari khasiat daun sirih untuk menghentikan mimisan, tapi ternyata khasiat tumbuhan sisik naga untuk mengobati mimisan juga tidak kalah ok lho. Caranya ambil beberapa daun sisik naga, cuci bersih terlebih dahulu dan lumat kan. Tempel lumatan pada lobang hidung bagian luar. Ini akan menghentikan pendarahan.

Menyembuhkan sakit kuning

Selain khasiat daun sembung atau daun capo yang handal dalam mengobati sakit kuning, tanaman daun sisik naga juga memiliki peran yang sama. Cara penggunaan nya 30 gram daun sisik naga yang telah di cuci bersih, rebus bersama 3 gelas air, sisakan air rebusan sebanyak 1,5 gelas air. Minum ramuan 3 kali sehari, masing-masing minum setengah gelas. 

Menghentikan pendarahan

Kegunaan daun sisik naga lain nya yaitu menghentikan pendarahan. Ambil daun sisik naga yang segar 20 gram,  rebus dengan 3 gelas air, biarkan hingga mendidih dan menyisakan 1 gelas. Minum ramuan 2 kali sehari sebanyak 1/2 gelas. Ramuan ini bisa untuk mengobati Penyakit berak darah, muntah darah, dan pendarahan pada perempuan.

Menyembuhkan rematik

Khasiat tanaman sisik naga untuk menyembuh kan rematik, yaitu dengan merebus 20-30 gram daun sisik  naga yang segar bersama 3 gelas air, sisakan air rebusan menjadi 1 gelas. Minum ramuan setengah gelas sebanyak 2 kali sehari.

Cara pengolahan daun sisik naga

Daun sisik naga memiliki rasa yang agak manis, terasa dingin. Khasiat daun sisik naga bagi kesehatan bisa di dapat dari ekstrak hasil air rebusan daun atau bisa juga di haluskan dan di gunakan sebagai obat balur. 

Ramuan untuk di minun

Untuk mengambil air rebusan, takaran daun sisik naga yang di gunakan antara lain sebanyak  15 gram hingga 60 gram, tergantung dari pada kondisi penyakit dan berat badan. Silahkan di sesuaikan takaran dengan kebutuhan masing-masing

Ramuan untuk luar badan

Ambil beberapa lembar daun dan cuci bersih terlebih dahulu, kemudian tumbuk halus daun sisik naga hingga benar-benar lumat, dan tempelkan ramuan pada bagian tubuh yang terkena koreng, kudis, kurap, luka berdarah, radang kulit bernanah, dan penyakit luar tubuh lain nya. 


Efek samping daun sisik naga

Untuk menghindari efek samping daun sisik naga, jangan menggunakan takaran yang berlebihan. Jika di konsumsi bersamaan dengan obat medis, sebaik nya berkonsultasi dulu ke dokter.