Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat dan khasiat kolang kaling yang menakjubkan untuk kesehatan

 

kolang kaling serta efek samping

Manfaat Kolang kaling serta efek samping nya harus kita cermati, karena tidak semua usia cocok mengkonsumsi buah yang satu ini. Kolang kaling adalah buah dari tanaman pohon aren atau sebagian kita menyebut nya dengan pohon enau. Di beberapa daerah, buah kolang kaling atau biji dari tanaman pohon aren ini di sebut juga dengan buah atep. Biasa nya buah ini sangat banyak bermunculan pada saat ramadhan tiba, tapi agak kesusahan jika mencari buah ini pada hari-hari biasa, tau kenapa ?!

Cara membuat kolang kaling

Sebelum menjadi buah kolang kaling, banyak proses yang terlebih dahulu harus di lalui. Buah pohon aren yang bisa di jadikan buah kolang kaling adalah buah yang masih muda

Sebelum menjadi buah kolang kaling, buah aren yang berwarna hijau tersebut harus melalui proses perebusan terlebih dahulu selama kurang lebih 3 jam.  Perebusan buah di maksud untuk menghilangkan getah buah yang bisa membuat gatal. Setelah proses perebusan buah selesai, baru lah buah dapat dikupas dengan metode pengupasan tersendiri, agar buah putih di dalam tidak terkena goresan pisau. 

Buah kolang kaling yang biasa nya di jual di pasaran telah di pipih kan terlebih dahulu, agar buah menjadi padat dan memiliki tekstur yang kenyal lembut. Nah begitu uraian singkat cara buat kolang kaling.

Kandungan gizi kolang kaling

Kandungan buah kolang kaling sangat beragam, jadi tidak heran jika buah ini di jadikan cemilan terbatas atau terapi pengobatan. Pada buah ini terdapat Mineral, fosfor, kalsium, serat, galaktomanan, kolagen, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin K, karbohidrat, gelatin. Dengan berbagai zat yang terkandung  tersebut, tentu nya membuat tanaman kolang kaling atau biji pohon aren ini membawa berbagai khasiat untuk kesehatan. 

Manfaat kolang kaling

Manfaat kolang kaling untuk kecantikan

Manfaat kolang kaling untuk kecantikan, Seperti di ketahui di dalam kolang kaling buah, terdapat zat aktif yang dapat membantu membuat kulit cerah sekaligus melindungi kesehatan kulit dari radikal bebas. Pada umum nya buah kolang kaling dapat di gunakan sebagai campuran kosmetik oleh industri kosmetik sehingga dapat di gunakan pada permukaan kulit tubuh, dan tentunya penggunaan ini akan membuat kulit kenyal dan semakin terlihat muda. Mengkonsumsi buah kolang kaling secara teratur dapat juga mencegah penuaan dini lho. 

Manfaat kolang kaling untuk lutut dan radang sendi

Manfaat kolang kaling bagi tubuh sangat di perlukan, Apalagi bagi para lansia atau orang yang berusia tua. Karena banyak para lansia yang menderita gangguan tulang dan lutut. Mengkonsumsi buah kolang kaling secara teratur dapat membantu mengurangi nyeri tulang dan lutut karena buah ini mengandung zat galaktomanan sebagai pereda nyeri sendi

Manfaat kolang kaling untuk diet

Khasiat buah kolang kaling yang berikut nya adalah sebagai pembantu penurun berat badan bagi yang melakukan diet. Di dalam kolang kaling terdapat banyak kandungan serat. Serat berfungsi untuk mengenyangkan, sehingga kita tidak mudah untuk menjadi lapar. Jadi buat yang sedang menjalani program diet, bisa memasuk kan buah kolang kaling sebagai menu harian. Olahan kolang kaling untuk diet bisa menunda rasa lapar. Dan tentu nya buah ini juga dapat menjaga berat badan ideal dan menghindarkan kita dari kegemukan atau obesitas. Manfaat kolang kaling bagi kesehatan memang the best lah.

Manfaat kolang kaling untuk tulang

Fungsi kolang kaling untuk tulang semakin kuat adalah fakta yang tidak terbantah kan. Buah ini dapat mencegah penyakit osteoporosis. Berbagai macam zat yang terkandung dalam buah enau ini seperti kalsium, mineral, fosfor, terbukti mampu menjaga kesehatan tulang. Dengan rutin makan buah kolang kaling secara teratur, maka tulang yang sehat, padat, dan kuat akan kita dapat kan. Bukan hanya untuk kesehatan tulang saja, tapi juga sekaligus untuk kesehatan gigi dan persendin juga. Inti nya buah kolang kaling bisa di jadi kan pengganti susu. Buat yang alergi terhadap susu, bisa mengambil manfat dari khasiat kolang kaling untuk tulang. 

Melancarkan sistim pencernan

Dalam buah kolang kaling terkandung sangat banyak serat, seperti yang kita ketahui jika serat sangat baik untuk mengatasi segala gangguan pencernaan. Dengan mengkonsumsi serat yang cukup, maka usus akan menjadi baik sehingga buang air besar menjadi lancar sesuai dengan fungsi fisiologis tubuh kita. 

Cara mengolah kolang kaling

Berikut adalah tips cara mengolah buah kolang kaling agar manfaat kolang kaling bisa di dapat oleh tubuh. Sebelum kolang kaling di konsumsi, sebaiknya pastikan buah dalam keadaan segar. Perhatikan Kekenyalan buah nya, jangan lembek. Pastikan juga warna buah, jangan memilih buah kolang kaling yang memiliki warna pucat, atau bahkan terlau coklat. Pasti kan juga jika buah kolang kaling masih memiliki aroma bau yang segar. 

Untuk menghilangkan lendir pada buah kolang kaling, cuci buah dengan air yang mengalir, hingga lendir benar-benar hilang secara sempurna. Untuk menghilangkan bau asam pada buah, rendam buah pada air bekas cucian beras atau di sebut juga air tajin. Perendaman ini memakan waktu 1 jam hingga 2 jam. Untuk membuat kolang kaling empuk dan harum, silah kan rebus kolang kaling yang telah di rendam dan di cuci bersih tadi di tambah daun pandan dan juga daun jeruk purut. 

Mengkonsumsi buah kolang kaling bisa dengan ber macam cara seperti, mencampur buah dalam berbagai macam minuman segar, atau bisa juga dengan membuat jus buah kolang kaling sebanyak 10 butir dan di minum sekali sehari. Ada juga yang mengolah nya menjadi aneka masakan. 

Dosis maksimum dalam mengkonsumsi buah kolang kaling per hari nya adalah sekitar 100 gram. atau kira-kira antara 10  hingga 12 butir sehari. 

Mitos kolang kaling


Manfaat kolang kaling bagi kesehatan tubuh memang banyak, tapi ada beberapa mitos yang harus kita klarifikasi disini. Pertama kolang kaling di sebut mampu menjaga imunitas tubuh, ini adalah mitos. Meski buah ini mengandung antioksidan, tapi jumlah nya tidak mencukupi untuk menjaga imunitas tubuh. Yang kedua kolang kaling baik di konsumsi para penderita anemia, ini juga adalah mitos, Karena buah ini tidak dapat meningkatkan hemoglobin. Cukup jelas ya.

Efek samping buah kolang kaling

Buah Kolang kaling di anjur kan untuk tidak di konsumsi oleh anak-anak yang berusia di bawah umur 10 tahun, karena di khawatirkan dapat menyebab kan gangguan pencernaan seperti terkena diare atau perut terasa kembung. 

Jangan makan buah kolang kaling terlalu banyak, yaitu melebihi takaran 100 gram perhari, ini untuk menghindari kemungkinan yang tidak di inginkan, seperti mual, pusing, muntah. Jadi harus bijak mengkonsumsi buah ini dengan jumlah yang normal. 

Jangan mengkonsumsi buah kolang kaling yang mengandung zat pewarna buatan dan juga mengandung zat pengawet. Jika menambah gula untuk kolang kaling cukup dengan sedikit saja, karena itu sangat berbahaya untuk kesehatan kita kedepan nya.