Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat air cucian beras untuk rambut, wajah berjerawat, bibir, kulit

Manfaat air cucian beras untuk rambut, wajah berjerawat, bibir, kulit, perawatan kecantikan, kesehatan dan tanaman, sepertinya materi menarik yang akan kita kupas. Beras merupakan makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat kita, sebagian besar masyarakat Indonesia tiap harinya.
mengkonsumsi beras yang di olah menjadi nasi. 

Sebelum beras diolah, tentunya terlebih dahulu beras di cuci untuk membersihkan sisa serpihan dari sekam padi, dan juga untuk membersihkan butiran-butiran beras dari debu dan kotoran yang menempel. Pada kebanyakan masyarakat, air cucian beras di buang begitu saja, tapi ternyata air cucian beras tersebut sangat banyak manfaat dan khasiatnya. 

Semakin bagus kualitas beras, maka semakin banyak vitamin, mineral dan anti oksidan yang terkandung dalam air bekas cucian beras tersebut, karena vitamin dan mineral yang terdapat dalam butiran beras akan mudah luntur ikut dengan air pencucinya. Dan tentunya sobat semua sudah pada tau seperti apa sih bekas air cucian beras tersebut.

Di negara Jepang dan Asia lainnya para wanitanya menggunakan air beras untuk mencuci muka, dan bahkan untuk mandi dalam keseharian nya. Tidak beda jauh dari negara Jepang, di Indonesia sendiri pun olahan beras juga di gunakan untuk bahan masker wajah, untuk lulur tubuh, baik yang di olah secara modern maupun tradisional. 

Masih banyak kok generasi wanita jaman now yang tetap menjaga budaya dan warisan leluhur, tetap menggunakan perawatan alami untuk menjaga penampilan dan kebugaran tubuh, salah satu nya dengan mengambil manfaat air beras


air cucian beras untuk rambut,bibir, wajah, kulit berjerawat

Kandungan air beras

Kegunaan air beras tidak terlepas dari segala zat yang terkandung di dalam nya, seperti asam amino, vitamin B1, vitamin B, vitamin A, vitamin C, vitamin E, serat, anti oksidan, dan mineral. Dengan keunggulan tersebut maka tak heran jika air beras tetap menjadi primadona di mata kaum hawa.

Mari kita kupas sebagian kecil manfaat air cucian beras:

Manfaat air beras

Manfaat air beras untuk rambut

Air beras tidak hanya bermanfaat bagi elastisitas kulit, namun juga sangat bermanfaat untuk keindahan rambut. Air bekas cucian beras sangat kaya akan asam amino, vitamin B, vitamin E, anti oksidan dan mineral, dan kesemua zat penting tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. 

Khasiat air beras akan terasa dengan penggunaan yang teratur, tentunya kita akan mendapatkan rambut yang lembut, subur, bebas ketombe, kerontokan,dan terlihat berkilau.Cara membuat nya pun terbilang gampang. 

Air beras yang didapat di biarkan selama semalaman, campur air beras tersebut dengan seiris jeruk nipis yang berfungsi untuk menghilangkan bau air beras yang telah terfementasi, kemudian balur ke rambut dan biarkan beberapa jam hingga nutrisi air beras sempurna menyerap ke rambut dan kulit kepala, setelah itu cuci rambut seperti biasa.... nah super simpel kan, perawatan murah meriah tapi kaya manfaat.

Manfaat air cucian beras untuk wajah

Manfaat air beras untuk wajah berjerawat. Saat ini perawatan wajah adalah sesuatu yang sangat berharga, tidak hanya untuk para wanita, tapi pria juga banyak yang melakukannya. Perawatan wajah dengan menggunakan air beras menghasilkan wajah yang bersih alami. Ini terjadi karena air beras dapat melancarkan peredaran darah di wajah, memperlambat penuaan dini karena mengandung banyak anti oksidan. Pemakaian yang rutin dapat menyebabkan wajah menjadi lembab, cara penggunaan nya pun simpel, oles kan pada kapas dan di usap pada wajah setelah bangun tidur dan ketika tidur di malam hari. 

Manfaat air beras untuk bibir

Masker air beras juga sangat bermanfaat untuk bibir. Bibir yang pecah-pecah dan kering tentu nya sangat mengganggu penampilan, bahkan mungkin akan terasa sangat mengganggu ketika kita hendak makan atau pun minum . Bagi para pejuang bibir pecah pecah dan kering, ini adalah solusi baik. 

Air beras juga sangat mampu untuk mengembalikan kondisi bibir seperti sedia kala sehat dan merona. Selain banyak  mengkonsumsi makanan sehat, perawatan dari luar dan murah juga dapat di lakukan dengan mengoleskan air cucian beras ketika hendak tidur di malam hari, agar nutrisi air beras bisa kerja maksimal. 

Fungsi air beras untuk kesehatan kulit

Air bekas cucian beras sangat ampuh dalam mengobati gatal gatal kulit. Penyakit gatal-gatal pada kulit biasanya sering terjadi pada orang-orang yang memiliki kulit sensitif. Ataupun mungkin bisa di sebabkan oleh gigitan gigitan serangga. Gatal-gatal pada kulit sangat tidak nyaman bukan ?!. Tidak hanya di waktu terjaga, di waktu tidur malam pun tangan kita tidak henti-henti nya menggaruk.

Disaat badan terserang gatal-gatal hingga menimbulkan bintik-bintik air, tentu nya mandi dengan sabun biasa akan memperparah keadaan, bukannya semakin sembuh, terkadang malah semakin menimbulkan iritasi jika kita salah memilih sabun. Jalan keluar terbaik adalah mandi dengan menggunakan air beras, pasti di jamin sembuh dengan segera. Oh iya, untuk penyakit CAMPAK dan CACAR AIR  juga di anjurkan mandi menggunakan air cucian beras... BUKTIKAN !

Manfaat minum air beras untuk demam

Mengkonsumsi air cucian beras yang telah di rebus dan di minum pada pagi hari dapat menormal kan suhu tubuh, juga dapat memperbaiki daya tahan tubuh, jadi kemungkinan untuk segera pulih akan semakin besar. Jika sobat ingin menggunakan cara ini untuk meredakan demam, sebaiknya gunakan air cucian beras yang kedua. 

Manfaat minum air beras untuk mnyehatkan tak

Mengkonsumsi air cucian beras bisa mengurangi resiko terkena penyakit Pikun, cara nya sama seperti di atas dengan merebus air cucian beras yang kedua 

Manfaat endapan air cucian beras untuk perawatan kecantikan

Manfaat air bekas cucian beras bisa di gunakan sebagai Perawatan kecantikan, disini di maksud untuk merawat kulit tubuh secara menyeluruh. Yaitu dengan cara mengendapkan air cucian beras hingga tersisa saripati yang kental saja, setelah itu di campur dengan bubuk lulur, maka akan semakin menambah khasiat dari lulur tersebut. 

Manfaat cucian beras untuk meredakan diare / sembelit

Selain bermanfaat untuk menyehatkan otak, ternyata mengkonsumsi rutin air cucian beras yang telah di rebus, dapat menyembuhkan diare, karena air beras banyak mengandung asam amino, vitamin, hingga mineral, oleh karena itu air beras sangat ampuh menenangkan usus yang bermasalah.

Hal ini juga aman di terapkan pada bayi agar terhindar dari diare. DENGAN CATATAN, air cucian beras yang di gunakan adalah air cucian beras yang kedua atau yang ketiga, karena air cucian beras yang pertama tentunya kita akan merasa jijik dan sungkan untuk meminum nya meskipun telah di rebus sekalipun. 

Kegunaan air beras untuk tanaman

Air bekas cucian beras mengandung beberapa nutrisi yang di butuhkan tanaman dan dapat membuat tanaman kita menjadi lebih subur dan makmur. Selain dari mengandung nutrisi, bekas air cucian beras juga mengandung bakteri yang bermanfaat untuk tanaman kita. Untuk komposisi air beras selain 90 persen karbohidrat yang berupa pati, juga mengandung vitamin, mineral, dan protein. 

Karbohidrat yang tinggi dalam air cucian beras merupakan perangsang tumbuh pada tanaman, seperti untuk merangsang tumbuhnya pucuk daun dan pengangkut zat zat penting ke daun atau pun ke batang tanaman,zat yang bertugas untuk melakukan ini adalah auksin,gibbereline dan alanin. Dari unsur mikro biologi tersebut, ternyata air beras juga memiliki beberapa keanekaragaman bakteri antagonis yang mampu melawan bakteri jahat yang disebut juga patogen. 

Nah, mulai sekarang kumpulin air beras untuk di siramkan pada tanaman, lebih ramah lingkungan dan pasti nya akan membuat tanaman kita semakin subur dan makmur, tentunya juga semakin ringan di kantong.

Masih pada ragu untuk membuktikan khasiat dan manfaat dari air bekas cucian beras? STOP membuang dan menyia-nyiakan air tajin !

Manfaatkan sebaik-baiknya, seperti ibu saya yang selalu mengumpulkan air cucian beras untuk menyirami tanaman sirih, dan tanaman lain yang berada di sekeliling rumah. 
SEMOGA BERMANFAAT