Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat daun sembung untuk penyakit

Manfaat daun sembung untuk penyakit

Daun CAPO atau sebagian masyarakat menyebut nya dengan daun SEMBUNG, bisa di kategorikan dalam tanaman liar yang hidup disemak-semak. Banyak di jumpai pada daerah perkebunan atau pinggiran hutan. Dari dulu tanaman ini telah menjadi salah satu tanaman herbal nusantara, karena keampuhan dari manfaat daun sembung untuk penyakit memang telah terbukti turun temurun.

Tanaman ini tidak begitu tinggi, memiliki daun yang panjang dan permukaan daun yang berbulu halus. Daun sembung atau daun capo memiliki rasa yang agak kepahitan, sedikit hangat atau segar. Daun ini juga memiliki aroma yang harum. 

Beragam kandungan zat bermanfaat yang terdapat dalam daun sembung, seperti minyak atsiri, mengandung anti inflamasi, anti oksidan, glukosida, antibakteri, anti jamur, dan beberapa zat lainnya. Manfaat daun sembung untuk penyakit pun banyak di cari, sebagai solusi alternatif pengobatan tradisional.

Pengobatan herbal mengambil manfaat daun sembung untuk penyakit lambung dan lainnya, perlu untuk kita lestarikan. Tanaman ini juga telah banyak di jadikan tanaman TOGA, sebagai solusi antisipasi bagi tiap keluarga. Dan juga sangat efektif menangkal segala penyakit yang diakibatkan oleh dampak negatif  radikal bebas, di sini hanya beberapa saja yang bisa saya papar kan di anrara nya :

Baca Juga : Kesemutan salah satu gejala penyakit serius dan obat herbal

  • Menyembuhkan asam lambung, perut kembung, mual, mules. Penyakit asam lambung jika datang maka kita akan merasakan nyeri pada ulu hati, kondisi ini di picu terkadang karena kita terlalu sibuk beraktifitas, sehingga kita lupa kewajiban untuk mengisi perut, atau bisa juga karena di akibatkan oleh stress. Orang awam seperti saya menyebut penyakit ini dengan istilah masuk angin. Kita bisa mengobati dengan cara meminum air dari 3 lembar  daun yang telah di tumbuh halus, campur dengan segelas air, minum 2 kali sehari, hingga sakit nya sembuh. Bisa juga dengan cara di rebus.
  • Sakit maag, caranya rebus 5 lembar daun dengan 3 gelas air, sisakan hingga 1 gelas, minum 2 kali sehari
  • Mengobati penyakit jantung, dengan cara 5 lembar daun di rebus dengan air 3 gelas, sisakan 1 gelas saja, di minum 2 kali sehari
  • Mengobati Diabetes, dengan cara 5 lembar daun di rebus dengan 3 gelas air, hingga sisa 1 gelas, minum pagi dan sore hari
  • Mengobati Flu. Untuk dewasa jika flu, bisa meminum ramuan daun ini, atau mencium aromanya. Buat bayi, jadikan air perasan daun sembung satu lembar, sebagai campuran pada air mandi pada bayi (mandi pagi hari)
  • Mengobati batuk, 3 lembar daun sembung, tumbuk halus, ambil air nya dan campur dengan 1/2 gelas air masak, minum ramuan pagi dan sore hari
  • Mengobati sakit kuning, Ambil 7 lembar daun, dan juga ibu kunyit sebanyak 3 cm, tumbuk halus, beri air 1 gelas, minum ramuan 2 kali sehari. 
  • Mengobati ambeien, Penyakit wasir, dapat di sembuh kan dengan cara ambil 7 lembar daun sembung muda, 4 gelas air, sedikit adas, sedikit kapur sirih, rebus semua bahan, sisakan air menjadi 2 gelas, minum 2 kali sehari
  • Melancarkan saluran air seni, rebus 5 lembar daun dengan air 3 gelas, sisakan 1 gelas dan minum 2 kali sehari.
  • Mengobati diare, rebus segenggam daun dengan 3 gelas air hingga menyisakan 1,5 gelas. minum ramuan 3 kali sehari sebanyak 1/2 gelas
  • Mengatasi gatal-gatal pada kulit, panu, kudis kurap, haluskan daun sembung dan tempel pada bagian tubuh yang membutuhkan.
Sekian dulu beberapa khasiat manfaat daun sembung untuk penyakit, Untuk takaran bahan, bisa di perhitungkan sendiri, jadi tidak mutlak harus sama dengan jumlah di atas, Karena daun sembung sendiri pun berbeda-beda lebar daun dan ukuran nya pada tiap-tiap tanaman, ada yang kecil panjang, ada juga yang lebar panjang, monggo di sesuaikan sendiri. Yang terpenting jangan konsumsi dengan berlebihan.