Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat jantung pisang atau bunga pisang

Manfaat jantung pisang bagi kesehatan

Bunga pisang atau jantung pisang adalah bunga dari pohon pisang yang menghasilkan tandan buah.pisang, Nah yang bulet lonjong di ujung seperti bentuk jantung itulah yang di namakan jantung pisang, berwarna ungu kemerahan. Jantung ini dapat di konsumsi sebagai sayuran, atau lalapan rebus,  dan konsumsi jantung pisang dapat berfungsi untuk pencegahan penyakit.

Pengertian jantung pisang yang saya ketahui di atas mungkin tidak sedetail yang sobat ketahui, silahkan definisikan masing-masing kalau gitu, heheheh. Disebagian daerah menyebut nya dengan ontong pisang atau juga ada yang menyebut nya bunga pisang. 

Banyak zat-zat penting sebagai Kandungan jantung pisang dan bunga pisang yang berada pada jantung pisang mengandung, yaitu protein, lemak, kalium, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, yodium,dan lain nya, Dengan beragam kandungan tersebut, maka layak jika jantung pisang merupakan salah satu sumber makanan sehat.

Meski jantung pisang memiliki kandungan zat-zat penting yang tinggi, namun perlu di ketahui bahwa tidak semua jantung bisa di makan, ada beberapa jenis saja, yaitu pisang kepok,  pisang batu, pisang klutuk, pisang siam. Lantas apa saja fungsi jantung pisang ?! Berikut beberapa manfaat sayur jantung pisang 

MANFAAT JANTUNG PISANG BAGI KESEHATAN

Jantung pisang dapat berfungsi untuk mencegah penyakit. Sangat baik bagi para penderita penyakit diabetes. Bunga pisang ini sangat kaya akan serat, sehingga bisa memperlambat proses pencernaan makanan, dan tentunya ini baik agar gula darah tidak melonjak. Khasiat jantung pisang lain nya juga sangat baik untuk mengatasi pembesaran prostat jinak.

Manfaat jantung pisang untuk kesehatan selanjut nya, dapat juga mencegah serangan stroke, memperlancar siklus darah, serta baik bagi penderita jantung koroner, menurunkan kolesterol, mencegah kanker, serta mampu meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan Yodium dalam jantung pisang juga baik untuk mencegah penyakit gondok.

Bagi ibu yang menyusui mengkonsumsi jantung pisang sama halnya seperti makan sayuran daun katuk, bisa memperlancar dan memperbanyak produksi ASI, sehingga tidak ada kekhawatiran bahwa bayi akan kekurangan asupan gizi. Alternatif ini bisa di ambil guna menghindari si ibu dari kebosanan makan daun katuk setiap hari, 

Khasiat jantung pisang berikut bisa mencegah terjadi nya gangguan syaraf, senyawa radikal bebas yang berbahaya banyak terjadi karena polusi udara, dan salah satu penyakit yang dapat di timbulkan nya adalah penyakit Alzheimer dan parkinson, Kandungan gizi jantung pisang yang terdapat zat anti radikal bebas mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dini.

Bagi yang mempunyai luka di tubuh, mengkonsumsi Jantung pisang juga sangat baik dalam menyembuhkan luka dengan cepat, karena kandungan etanol nya bisa menghambat bakteri jahat yang ingin merusak tubuh, dengan demikian luka pada kulit akan segera pulih.

CARA MENGOLAH JANTUNG PISANG

Jantung pisang harus di usahakan wajib ada dalam menu mingguan keluarga, karena memang kandungan gizinya sangat baik untuk menangkal berbagai macam penyakit. Cara memasak jantung pisang agar tidak hitam, adalah dengan merebus air hingga mendidih terlebih dahulu, kemudian setelah mendidih cemplungin jantung pisang yang telah di belah dua atau yang telah di potong sesuai selera, rebus hingga empuk. Cara merebus jantung pisang yang seperti ini akan mempertahan kan warna nya dan terlihat segar.

Jantung pisang, ontong pisang, dapat diolah menjadi berbagai masakan. Beberapa masakan yang populer dalam penyajian  adalah sayur ontong diolah menjadi masakan tumis, masakan gulai, di buat oseng-oseng juga enak lho. untuk resep masakan nya silahkan tanya om gugel.

Baca juga: Manfaat rebung 

EFEK SAMPING JANTUNG PISANG

Pada dasar nya olahan jantung pisang sangat aman dikonsumsi. Tapi manfaat jantung pisang atau bunga pisang untuk kesehatan hanya akan di dapat jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, jangan berlebihan. Di beberapa kasus, mengkonsumsi secara berlebihan bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti perut kembung, dan terkadang menimbulkan diare. Ada juga yang menyebab kan alergi. Intinya jangan konsumsi makanan apapun secara berlebih-lebihan.