Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat khasiat buah markisa hutan

Tumbuhan markisa hutan adalah tanaman semak belukar yang hidup baik di tempat-tempat yang lembab. Tanaman ini menjalar dan hidup menumpang kan badan dengan tanaman yang ada di sekitar nya. Markisa hutan memiliki beragam nama di setiap daerah, ada yang menyebut nya rambusa, letop-letop, buah ulat bulu, gambutan, kecemot, buah rambut utan, sentiet, seletop, buah jembutan (helleh menyayah nama nya... hahah), dan sederet nama panjang lainya, mungkin sobat juga memiliki nama tersendiri untuk tanaman ini. Indonesia memang kaya dengan berbagai jenis tanaman liar, meski tidak di budidayakan, namun banyak ragam jenis tanaman liar yang bermanfaat untuk pengobatan, salah satunya kita bisa ambil manfaat khasiat buah markisa hutan.

Manfaat khasiat buah markisa hutan

Manfaat khasiat buah markisa hutan, seperti nya tidak terlalu terkenal, karena dari kecil yang saya tau pun, tanaman ini hanya menjadi gulma di lahan perkebunan dan selalu di basmi. bukan hanya menjadi gulma di kebun saja, bahkan di setiap lahan kosong tanaman ini ada. Makin kesini tanaman ini semakin sulit ditemukan, karena banyak lahan-lahan kosong yang telah beralih fungsi. Buah markisa hutan yang telah menguning atau berwarna oranye adalah cemilan paling asik, berasa manis keasam-asaman. lebih enak dari buah markisa menurut saya. Sewaktu kecil dulu tanpa tau manfaat khasiat buah markisa hutan pun, saya dan teman-teman selalu berburu buah ini jika ada kesempatan untuk keluar masuk semak-semak. hehehe... tapi sekarang semakin tua jadi semakin ogah masuk kesemak-semak lagi, kecuali ada mau nya... hahahaha

Baca juga: Selasih untuk kesehatan

Kembali ke manfaat khasiat buah markisa hutan, pucuk daun tanaman ini bisa di jadikan sayuran sebagai pelengkap urap atau di sayur dengan santan. Untuk buah nya sendiri yang sudah masak atau berwarna kuning oranye juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Kandungan gizi nya pun tak kalah menarik dari sederet tanaman buah lainnya, seperti mengandung Vitamin C, fitronutrient, zat besi, mineral, kalsium, anti oksidan, potassium, flavonoid, serta zat-zat bermanfaat lainnya. Perlu di perhatikan untuk tidak memakan buah yang masih muda atau berwarna hijau, karena kata nya sih beracun, tapi entah lah, saya juga ga pernah makan mentah buah yang muda. Ayo kita kemon untuk cek beberapa khasiat nya:

  • Mencegah anemia, zat besi yang di peroleh dari buah markisa hutan, akan membantu tubuh guna memperoduksi sel-sel darah merah, sehingga anemia bisa di cegah sekaligus menyembuhkan penyakit anemia. 
  • Menyehatkan gigi dan membebaskan gusi dari sariawan yang menyerang, Tinggi nya vitamin C dalam kandungan buah ini, bisa memenuhi asupan gizi yang cukup dalam mempertahan kan kesehatan gigi dan mulut.
  • Melancarkan pencernaan, sehingga BAB lancar
  • Menjaga tekanan darah agar tetap stabil, ini didapat dari kandungan fitronutrient yang terdapat di dalam buah.
  • Mengobati panas dalam, Vitamin C adalah salah satu sumber untuk tubuh memiliki daya tahan yang baik, dengan sering makan buah markisa hutan, tubuh akan terus dapat mempertahankan kesegarannya.
  • Menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan, dan menangkal sel kanker, anti oksidan yang terdapat dalam buah markisa hutan akan membantu memerangi radikal bebas, sehingga tubuh mendapat perlindungan ektra.
  • Menyehatkan tulang dan mencegah terjadinya keropos tulang, kalsium adalah zat yang di butuhkan tulang untuk tetap bisa menjaga kepadatan tulang.

Manfaat khasiat buah markisa hutan yang lainnya yaitu bisa Mengatasi gangguan ginjal dan memperbaiki fungsi ginjal, yaitu dengan mengambil semua bagian tanaman (dari akar, batang, buah, daun ), cuci bersih terlebih dahulu, rebus dengan air, minum air rebusan nya secara rutin 2 kali sehari. Konsumsi rutin buah markisa hutan atau rembusa untuk mendapatkan kesehatan yang optimal. Jika alam menyediakan yang gratisan, mengapa kita tidak memanfaat kan ??