Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi kesemutan dengan herbal

Mengatasi kesemutan dengan herbal

Setiap kita pernah mengalami rasa kesemutan, tentunya rasa kesemutan jika terlalu sering di alami akan membuat kita tidak nyaman dalam beraktifitas. Gejala kesemutan yang terlalu sering menandakan tubuh dalam situasi mengalami penyakit. Sebelum kita menuju cara mengatasi kesemutan dengan herbal, ada baik nya kita kupas apa saja sih deretan penyakit yang mempunyai gejala kesemutan ?!

Kesemutan dengan gejala berulang bisa di sebab kan karena timbunan kolesterol pada tubuh, atau bisa juga di sebabkan karena tubuh tidak mendapat gerak yang optimal alias malas untuk berolah raga, sehingga bisa membuat lemak semakin bertumpuk.

Di lain kasus kesemutan juga bisa mampir jika kita beraktifitas dengan menggunakan dominan di satu bagian tubuh saja dan berulang-ulang. Contoh misal nya di saat kita duduk menghimpit satu bagian kaki, di saat kita kerja di dapur menggunakan pisau dan menggenggam nya terlalu lama, di saat kita berkendara sepeda motor dengan jarak puluhan kilo, di saat kita fokus menjahit tangan, dan lain sebagai nya.

Contoh kegiatan diatas akan menyebab kan tertekan nya daerah syaraf pada daerah bagian tubuh yang beraktifitas dominan tersebut, yang akan menyebabkan terjadi nya kesemutan. 

Yang bikin serem, ternyata kesemutan juga merupakan salah satu tanda STROKE. Penyakit stroke di akibat kan oleh terganggu nya aliran darah menuju otak. Gangguan ini bisa menyerang bagian otak dimana saja. Jika yang terserang adalah bagian motorik, maka akan menyebab kan kelumpuhan pada bagian anggota tubuh. Tapi apa bila yang di serang bagian sensorik maka akan menimbul kan gejala kesemutan pada anggota tubuh, serem yak ?!

Kesemutan juga adalah gejala radang sumsum tulang belakang, Sumsum tulang belakang memiliki area motorik dan area sensorik. Apabila terkena area sensorik akan mengakibatkan bagian tangan atau bagian kaki kita akan mengalami kesemutan, malah mungkin bisa jadi terjadi sekaligus pada tangan dan kaki dalam waktu yang bersamaan.

Tidak itu  saja, kesemutan adalah bagian dari gejala penyakit diabetes melitus atau kencing manis. Pada kasus penyakit diabetes melitus, terjadi gangguan pada aliran darah kecil. sehingga menyebabkan aliran darah tidak dapat menyuplai darah dengan baik ke bagian syaraf-syaraf tepi, jika ini di biarkan maka mengakibat kan kerusakan pada syaraf-syaraf tepi yang bisa di tandai dengan kesemutan.

TIPS UNTUK MENGHINDARI KESEMUTAN.

  • Hindari satu posisi statis terlalu lama, seperti duduk menghimpit kaki, menulis, memegang gagang pisau jika kegiatan memasak, dan lain sebagai nya
  • Menghindari penggunaan anggota tubuh secara dominan dalam waktu yang lama 
  • Minum secara teratur vitamin neurotropik, yaitu vitamin-vitamin yang dapat memperbaiki hantaran syaraf tepi di tubuh kita, seperti Vitamin B1 (tiamin), Vitamin B6 (piridoksin), Vitamin B12 (kobalamin)
  • Jaga berat badan pada berat yang ideal
Jika gejala seperti kesemutan, kebas, lemah otot, nyeri, yang terlalu berulang-ulang kita alami, sebaik nya segera memeriksakan diri kedokter untuk mengetahui gangguan penyakit apa gerangan yang kita alami. Namun jika sobat ingin mencoba secara herbal untuk mengatasi nya, berikut adalah contoh beberapa tanaman untuk mengatasi kesemutan dengan herbal yang bisa kita manfaat kan. 
  1. 7 lembar daun sirsak, cuci bersih dan rebus dengan air 5 gelas air hingga menyisakan  2 gelas air, minum 2 kali sehari.
  2. 3 batang serai, kayu manis 5 cm, 2 sendok makan garam. Cara nya geprek serai dan rebus semua bahan dengan 6 gelas air, rebus hingga menyisakan 5 gelas air, gunakan air rebusan tadi untuk merendam tangan atau kaki yang mengalami kesemutan, sebaik nya di gunakan ketika air masih dalam keadaan panas -suam kuku. 
  3. Jahe 5 cm di geprek, rebus dengan 4 gelas air, hingga tersisa 2 gelas, ketika hendak meminum, tambah kan air perasan jeruk nipis, minum 2 kali sehari
  4. Kunyit tua 5 cm, 2 batang serai, parut kunyit tua dan geprek serai, rebus dengan 4 gelas air hingga menyisakan 2 gelas saja, di saat mau minum campur dengan perasaan jeruk nipis, minum ramuan 2 kali sehari
  5. Cara alami lain nya, siap kan 3 atau 4 gayung air pada wadah, es batu seukuran 3/4 kilo , garam halus 1 bungkus, minyak tanah 1 gelas. semua bahan di jadi kan satu dan di aduk, rendam kaki pada wadah secara bersamaan atau bergantian selama 5 sampai 10 menit, jangan kelamaan rendam nya ya. Jika di tubuh terdapat penyakit maka air rendaman ini akan membuat kita terasa seperti sedikit tersentrum. lakukan secara rutin agar semakin bermanfaat.

Tak ada kesembuhan yang mustahil jika kita berobat dengan bersungguh-sungguh dan menjaga segala pantangan larangan terhadap beberapa jenis makanan. Mengatasi kesemutan dengan herbal alami juga tak kalah kasiat nya dengan obat-obatan medis. yang penting rutin.